Yeni Galuh Forum
Hallo...!



 
IndeksPendaftaranLogin
Share | 
 

 :: Ki Entus Susmono Dalang Edan ::

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : 1, 2  Next
PengirimMessage
Justice Bao
-= Um Momod =-
-= Um Momod =-


Male
Jumlah posting: 1991
Age: 43
Location: Jakarta
Job/hobbies: don't trust anybody
Registration date: 06.03.08

PostSubyek: :: Ki Entus Susmono Dalang Edan ::   Tue Jul 01, 2008 3:29 pm

kalau salah penempatan , tolong dimoved ya Bozz .... [i]

Ki Entus Susmono, dalang asal Tegal, Jawa Tengah, berani bikin terobosan. Tak segan-segan ia keluar dari pakem, menghidupkan wayang-wayangnya agar lebih menarik. Hanya dengan begitu, kata dia, kesenian wayang kulit akan terus bertahan di tengah zaman yang berubah.

Sabtu, 28 April 2007, Ki Entus Susmono yang sudah melanglang ke berbagai negara ini memecahkan rekor Muri [Museum Rekor Indonesia] di Alun-alun Tegal. Tak tanggung-tanggung, Entus mengeluarkan seluruh wayang miliknya di hadapan tim Muri, Semarang.

Total wayangnya 1.493 buah. Jumlah yang tak sedikit, memang. Rinciannya: wayang Ramayana pesisiran 225 buah, wayang planet, wayang wali, dan tokoh terkenal 208 buah, wayang parayungan (campuran)) dua gaya Cirebon dan Solo 240.

Selain itu, wayang kulit rai wong 372 buah, wayang golek purwa rai wong 105, wayang golek cepak rai wong 130, wayang klasik gubahan 200, dan aneka gunungan dan rampogan ada 15.

Saat upacara pemecahan rekor Muri, Ki Entus bikin pergelaran khusus. Dia pakai layar atawa kelir panjang. Spektakuler. Lakonnya Makrifat Dewa Ruci. Elemen agama Islam ia kombinasikan dengan pakem pedalangan. Muatan dakwah sangat kental, sesuai dengan karakter masyarakat Tegal yang santri pesisir.

Menurut Ki Entus Susmono, seni wayang kulit tak hanya sekadar tontotan atau hiburan belaka, melainkan media efektif untuk menuntut masyarakat ke jalan yang benar. Tontonan plus tuntunan!

"Maka, saya melakukan syiar Islam, dakwah, lewat wayang," tutur Ki Entus Susmono dalam sebuah sarasehan di Sidoarjo beberapa waktu lalu.

Kreasi seniman nyentrik ini juga sekaligus menepis pendapat bahwa wayang itu identik dengan agama Hindu atau pra-Islam. Kalau mengilas sejarah, para wali penyebar Islam di Jawa, khususnya Sunan Kalijaga, pun menggunakan media wayang kulit untuk menyampaikan syiar-syiar keagamaan.

"Saya punya wayang wali untuk dakwah," tuturnya.

Peserta sarasehan, kebanyakan pengiat kesenian di Sidoarjo dan Surabaya, rata-rata mengeluhkan popularitas wayang kulit yang kian merosot. Gelar wayang sepi penonton. Banyak dalang alih profesi menjadi petani, buruh, sopir....

Menurut Ki Entus Susmono, dalam kondisi demikian para pelaku kebudayaan harus pandai-pandai membuat terobosan. Introspeksi. Kenapa kok orang tidak suka melihat wayang kulit?

"Saya sendiri membuat terobosan dengan wayang pesisiran, wayang wali, dan sebagainya. Jadi, tidak kaku dengan pakem-pakem tertentu. Lha, kalau kita fanatik dengan pakem, siapa yang mau nonton," ujar Ki Entus Susmono yang kerap tampil di Surabaya dan Sidoarjo ini.

Saya menyaksikan beberapa kali pergelaran wayang kulit Ki Entus Susmono. Gayanya pesisiran benar. Mirip orang Surabaya yang suka bicara blak-blakan. Pisuan-pisuan selalu mewarnai lakonnya. Juga lawakan yang bikin penonton tertawa-tawa.

"Saya memang ingin membuat wayang sebagai kesenian yang menghibur. Namun, unsur tuntunan jangan sampai hilang. Bagaimanapun juga wayang atau kesenian itu selalu punya misi," ujar Ki Entus Susmono.

Pertengahan Mei 2007, saya melihat di televisi Ki Entus Susmono mendalang bersama Ki Mantep Sudarsono. Ki Mantep tampil dengan gaya soloan, pakem masih kuat, Ki Entus Susmono muncul dengan gaya pinggirannya. Toh, kedua dalang ini bisa tampil serasi.

Terlepas dari kritikan untuk Ki Entus Susmono, khususnya dari seniman-seniman tua yang tak ingin keluar dari pakem, saya sangat menghargai berbagai upayanya untuk 'menghidupkan' seni wayang di Jawa. Kita beruntung punya dalang kreatif macam Ki Entus Susmono.

Plak.. pluk... plik....
Bumi gonjang-ganjing...
Langit kelap-kelip....
Woooooooooo... wooooo.....

_________________
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.kitlv.nl
YENI GALUH NURPRATIWI
-= Eyang Putri =-
-= Eyang Putri =-


Female
Jumlah posting: 2770
Location: KAHYANGAN
Job/hobbies: Beauty is my Life
Registration date: 05.10.07

PostSubyek: Re: :: Ki Entus Susmono Dalang Edan ::   Wed Jul 02, 2008 12:09 am

E....lha dhalah... Kirain ada tontonan apa dimari... Mrenges kirain si Bao jadi dalang...ternyata ki Entus... Setuju ama cara ki entus wat tetap melestarikan kesenian asli Indonesia wayang kulit... Kapan bisa lihat wayang lagi ya..?? what's  up

_________________
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://yenigaluh.forumotion.com
Justice Bao
-= Um Momod =-
-= Um Momod =-


Male
Jumlah posting: 1991
Age: 43
Location: Jakarta
Job/hobbies: don't trust anybody
Registration date: 06.03.08

PostSubyek: Re: :: Ki Entus Susmono Dalang Edan ::   Wed Jul 02, 2008 1:18 pm

Tapi kalau dilihat Body kan ngga jauh dari saya ya Yen Mrenges

_________________
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.kitlv.nl
YENI GALUH NURPRATIWI
-= Eyang Putri =-
-= Eyang Putri =-


Female
Jumlah posting: 2770
Location: KAHYANGAN
Job/hobbies: Beauty is my Life
Registration date: 05.10.07

PostSubyek: Re: :: Ki Entus Susmono Dalang Edan ::   Wed Jul 02, 2008 4:32 pm

@Atas... body nya sapa nih BAO...?? Rolling Eyes Body wayangnya ato ki Entusnya...?? Rolling Eyes what's  up

_________________
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://yenigaluh.forumotion.com
Justice Bao
-= Um Momod =-
-= Um Momod =-


Male
Jumlah posting: 1991
Age: 43
Location: Jakarta
Job/hobbies: don't trust anybody
Registration date: 06.03.08

PostSubyek: Re: :: Ki Entus Susmono Dalang Edan ::   Wed Jul 02, 2008 4:49 pm

Body gedebok pisang nya guling2

_________________
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.kitlv.nl
YENI GALUH NURPRATIWI
-= Eyang Putri =-
-= Eyang Putri =-


Female
Jumlah posting: 2770
Location: KAHYANGAN
Job/hobbies: Beauty is my Life
Registration date: 05.10.07

PostSubyek: Re: :: Ki Entus Susmono Dalang Edan ::   Wed Jul 02, 2008 8:32 pm

@Atas... Wkwkkwkwk... Bao...kok bilang2 nya disini sih..?? Rolling Eyes apa gak takut mati pasaran tuh...?? what's  up

_________________
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://yenigaluh.forumotion.com
Justice Bao
-= Um Momod =-
-= Um Momod =-


Male
Jumlah posting: 1991
Age: 43
Location: Jakarta
Job/hobbies: don't trust anybody
Registration date: 06.03.08

PostSubyek: Re: :: Ki Entus Susmono Dalang Edan ::   Wed Jul 02, 2008 9:16 pm

Ngga apa˛ kok Yen , kalo pasaran jatoh ya di UBRAL deeeeh , diskon ... discount ..... up to 50 % Mrenges

_________________
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.kitlv.nl
YENI GALUH NURPRATIWI
-= Eyang Putri =-
-= Eyang Putri =-


Female
Jumlah posting: 2770
Location: KAHYANGAN
Job/hobbies: Beauty is my Life
Registration date: 05.10.07

PostSubyek: Re: :: Ki Entus Susmono Dalang Edan ::   Wed Jul 02, 2008 10:55 pm

@Bao...wkwkkwkk.. Sayang banget klo di ubral... haa..? masa siy.. mending di museumin dijadi in barang antik... Ye...Yes...!!! Pan lebih mahal dari harga asli.. guling2 ampun mak

_________________
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://yenigaluh.forumotion.com
Justice Bao
-= Um Momod =-
-= Um Momod =-


Male
Jumlah posting: 1991
Age: 43
Location: Jakarta
Job/hobbies: don't trust anybody
Registration date: 06.03.08

PostSubyek: Re: :: Ki Entus Susmono Dalang Edan ::   Thu Jul 03, 2008 3:51 pm

Hussss sembarangan dimasukin museum , apa ngga sekalian dijadiin Mummy aja atau dikasih air keras Sleep

_________________
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.kitlv.nl
YENI GALUH NURPRATIWI
-= Eyang Putri =-
-= Eyang Putri =-


Female
Jumlah posting: 2770
Location: KAHYANGAN
Job/hobbies: Beauty is my Life
Registration date: 05.10.07

PostSubyek: Re: :: Ki Entus Susmono Dalang Edan ::   Thu Jul 03, 2008 4:09 pm

@Bao heuheuheuheu... Masa wayang bisa di jadi in mumi...??? :rooll: lari ngumpet

_________________
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://yenigaluh.forumotion.com
Justice Bao
-= Um Momod =-
-= Um Momod =-


Male
Jumlah posting: 1991
Age: 43
Location: Jakarta
Job/hobbies: don't trust anybody
Registration date: 06.03.08

PostSubyek: Re: :: Ki Entus Susmono Dalang Edan ::   Thu Jul 03, 2008 4:38 pm

eh ini yang mau dijadiin Mummy tuh Ki Entus, Wayang, Gedebok Pisang , saya atau Yenni yaaah ? Kayaknya Yenni degh mau dimummy lari

_________________
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.kitlv.nl
YENI GALUH NURPRATIWI
-= Eyang Putri =-
-= Eyang Putri =-


Female
Jumlah posting: 2770
Location: KAHYANGAN
Job/hobbies: Beauty is my Life
Registration date: 05.10.07

PostSubyek: Re: :: Ki Entus Susmono Dalang Edan ::   Fri Jul 04, 2008 10:58 am

Seandainya terobosan wayang itu ditambahkan ato diganti dengan cerita2 modern.. Seperti cerita romeo dan juliet...tithanic.... Mungkin akan lebih menarik lagi ya...dan mungkin wayang akan smakin banyak diminat oleh banyak kalangan..terutama anak2 mudanya.. Mrenges heuheuheuheu

_________________
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://yenigaluh.forumotion.com
Justice Bao
-= Um Momod =-
-= Um Momod =-


Male
Jumlah posting: 1991
Age: 43
Location: Jakarta
Job/hobbies: don't trust anybody
Registration date: 06.03.08

PostSubyek: Re: :: Ki Entus Susmono Dalang Edan ::   Fri Jul 04, 2008 5:01 pm

Cerita wayang sudah pakem De, cuma untuk selingan Penakawannya bisa dimasukan cerita˛/kondisi sekarang.

Tapi itu ide yang bagus kalo cerita wayang dengan bahasa daerah masing˛ (Sunda, Jawa,dsb) tapi bercerita ttg Romeo & Juliet atau Titanic, etc applaus

_________________
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.kitlv.nl
YENI GALUH NURPRATIWI
-= Eyang Putri =-
-= Eyang Putri =-


Female
Jumlah posting: 2770
Location: KAHYANGAN
Job/hobbies: Beauty is my Life
Registration date: 05.10.07

PostSubyek: Re: :: Ki Entus Susmono Dalang Edan ::   Fri Jul 04, 2008 5:22 pm

@atas.. Heuheuheu..nanti dalang pertamanya Bao aja ya... Pasti langsung dapat penghargaan... Ciayo

_________________
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://yenigaluh.forumotion.com
Justice Bao
-= Um Momod =-
-= Um Momod =-


Male
Jumlah posting: 1991
Age: 43
Location: Jakarta
Job/hobbies: don't trust anybody
Registration date: 06.03.08

PostSubyek: Re: :: Ki Entus Susmono Dalang Edan ::   Fri Jul 04, 2008 5:25 pm

Iya Yen, penghargaan dari SBY yaaah , cuma judulnya apa ya ?

_________________
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.kitlv.nl
YENI GALUH NURPRATIWI
-= Eyang Putri =-
-= Eyang Putri =-


Female
Jumlah posting: 2770
Location: KAHYANGAN
Job/hobbies: Beauty is my Life
Registration date: 05.10.07

PostSubyek: Re: :: Ki Entus Susmono Dalang Edan ::   Fri Jul 04, 2008 6:43 pm

@Bao...judulnya...."tidak semua laki-laki" aja... Mrenges lari

_________________
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://yenigaluh.forumotion.com
Justice Bao
-= Um Momod =-
-= Um Momod =-


Male
Jumlah posting: 1991
Age: 43
Location: Jakarta
Job/hobbies: don't trust anybody
Registration date: 06.03.08

PostSubyek: Re: :: Ki Entus Susmono Dalang Edan ::   Fri Jul 04, 2008 6:53 pm

Sejak kapan yah Yeni seneng sama lagu Dangdut, rasanya dulu ngga degh Sleep

_________________
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.kitlv.nl
YENI GALUH NURPRATIWI
-= Eyang Putri =-
-= Eyang Putri =-


Female
Jumlah posting: 2770
Location: KAHYANGAN
Job/hobbies: Beauty is my Life
Registration date: 05.10.07

PostSubyek: Re: :: Ki Entus Susmono Dalang Edan ::   Fri Jul 04, 2008 11:35 pm

@atas... Heuheuheu...ya sejak ada terobosan baru nya ki Entus dunk ah.. wakaka

_________________
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://yenigaluh.forumotion.com
Justice Bao
-= Um Momod =-
-= Um Momod =-


Male
Jumlah posting: 1991
Age: 43
Location: Jakarta
Job/hobbies: don't trust anybody
Registration date: 06.03.08

PostSubyek: Re: :: Ki Entus Susmono Dalang Edan ::   Sat Jul 05, 2008 2:34 am

dasar Yeni genit Mrenges

_________________
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.kitlv.nl
YENI GALUH NURPRATIWI
-= Eyang Putri =-
-= Eyang Putri =-


Female
Jumlah posting: 2770
Location: KAHYANGAN
Job/hobbies: Beauty is my Life
Registration date: 05.10.07

PostSubyek: Re: :: Ki Entus Susmono Dalang Edan ::   Sat Jul 05, 2008 7:11 am

Yeeeeee.... kesel Yang ngadain terobosan ki Entus kok... Masa Saya di genit2in.. :keriingetan neh...!!:

_________________
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://yenigaluh.forumotion.com
 

:: Ki Entus Susmono Dalang Edan ::

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 2Pilih halaman : 1, 2  Next

 Similar topics

-
» Rumus Edan Kocak Ala NDI [REKAN]
» case:satanisme-someones letter part 1
» RF eden ^^
» Kemeja Berlogo Motor (Ducati, Kawasaki, Yamaha)

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Yeni Galuh Forum ::  :: -